Oktober 26, 2011

Sebuah Kisah Kiasan 5

Kalau berakhir kisah, jangan memalukan diri sendiri. Aku bukan orang yang seperti yang kalian pikirkan.
Terkadang banyak menterjemahkan setiap semua masalah, kenapa hanya besar dimulut? Kalau tidak suka katakan, hal yang paling aku benci itu disaat menggunjingkan manusia. Apakah pernah berkaca pada  diri sendiri? Apakah kalian manusia sempurna? Kalau bersosialisasi jangan menilai hanya dari kekurangan, apakah manusia baik itu harus lepas dari kesalahan? Tentu saja tidak, memaafkan lah dimulai dari diri sendiri. Bukan menggurui tapi menjadi hal lebih dewasa. Kalau belum juga sadar, maka bunuh lah dirimu sendiri. Aku menerima masa lalu tetapi jangan sebagai tumpuan untuk mengkritik seseorang. Walaupun kalian berlatar belakang buruk, jangan pernah melakukannya lagi di kehidupan sekarang, bagi yang sadar ataupun tidak sadar.

Apakah sebuah kisah kiasan hanya sebagai tumpuan untuk menghina seseorang? Tentu saja tidak, jangan membuat manusia berdiri dibayang-bayang kesalahan masa lalu. Seorang manusia bijak mampu tersenyum dibalik ketidak mampuan dirinya yang dia alami selama ini.

Jangan mentafsirkan sebuah kisah, cerita, gosip dan legenda atas kesalahan orang lain. Jangan membanggakan diri , ingat yang diajarkan orang tua kita jangan membanggakan diri. Kalau kalian mampu atau tidak mampu silahkan bicarakan secara jujur. Bagi yang mampu jangan menyombongkan kemampuan kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar